5 Cara Menjual Perhiasan Emas Agar Tidak Rugi

Siapa disini yang suka membeli dan menjual emasnya kembali agar diganti dengan jenis yang lebih tinggi? Nah, sebelum melakukan hal tersebut, tentu kamu harus mengetahui tips menjualnya agar tidak mengalami kerugian. Apalagi, harga emas di ASEAN saat ini sedang tertekan karena investor beralih ke cara mempertahankan bisnis aset seperti dolar AS.

Selain sebagai alat investasi, emas juga sangat mudah untuk dijual lagi. Nah, di blog kali ini kita akan berbagi cara menjual perhiasan emas agar kamu tidak mengalami kerugian. Langsung simak ulasannya yuk!

1. Memahami Kadar dan Harga Jual Emas

Harga emas tergantung dari besaran karat yang dimiliki. Misalnya, Maria Theodora memiliki emas sebesar 18 karat dan Yasmine Ow memiliki emas sebesar 24 karat, tentu harganya akan jauh berbeda. Untuk itu, perhatikan selalu harga jual emas terkini dan pastikan kamu menerima uang sesuai harga jual emas terkini.

2. Cari Tempat Menjual Emas Terpercaya

Sama seperti pasar yang menjual jenis ikan mas koki, setiap toko emas di pasar juga memiliki kriteria tersendiri dalam menjual dan beli emas. Tidak semua toko mau menjual emas dengan harga mahal. Jika ingin menjual emas, cobalah untuk menjualnya di Pegadaian. Sebab Pegadaian bisa membeli emas kita dengan harga cukup tinggi di pasaran sekitar 97%. Selain Pegadaian, opsi selanjutnya adalah Antam yang akan memberikan harga sekitar 95%.

3. Teliti Keaslian Emas

Tips menjual emas agar tidak rugi selanjutnya yaitu memperhatikan keaslian emas. Agar tidak rugi, perhatikan alat yang digunakan untuk memeriksa keaslian emas. Sebab, sambil mencari contoh pantun teka-teki, beberapa toko sering menggunakan alat yang berbeda-beda.

Alat yang biasa digunakan untuk mengecek keaslian emas adalah avometer atau X-Ray Fluorescence. Ada juga toko yang menggunakan cara manual dengan menggosok emas. Jika menemukan toko seperti ini harap berhati-hati. Sebab menggosok emas dapat mengurangi kadar emas.

4. Jual di Tempat Ketika Membeli Emas

Jika tidak menemukan toko yang bersedia membeli emas yang kamu beli cobalah jual ke toko iPhone terbaru saat pertama membelinya. Biasanya, toko dimana emas tersebut berasal akan bersedia menerima emas tersebut kembali.

Namun, harga jual emas itu mungkin akan jauh lebih rendah 70%-80% daripada saat pertama kali kamu membelinya.

5. Sertakan Surat Pembelian Emas

Surat pembelian emas berupa nota resmi keluaran toko dimana membeli emas harus dibawa. Dengan adanya surat tersebut menandakan bahwa emas tersebut merupakan emas asli. Sayangnya, banyak sekali orang teledor dalam menyimpan surat pembelian emas, malah mereka lebih mementingkan top up higgs domina termurah. Jika surat tersebut ini hilang maka akan menurunkan harga emas dan itu bisa merugikan kamu.

Demikian 5 tips sebelum menjual perhiasan emas yang bisa kamu lakukan agar tidak rugi. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan