Ketahui, Ini 6 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mempertahankan Bisnis

Hai sahabat, mimin mau nanyak nih.. menurut kalian apakah memulai bisnis itu terasa sulit? Dan bagaimana cara kalian mempertahankan usaha agar tetap berkembang?

Ternyata memulai bisnis rumahan tidak terlalu sulit daripada mempertahankan dan mengembangkan bisnis. Sebagai pengusaha baru, pasti akan tergiur dengan keuntungan yang besar dalam waktu singkat.

Hal inilah yang menjadi penyebab sulitnya mempertahankan sebuah bisnis. Di mana, dengan kondisi modal yang dianggap masih cukup membuat beberapa pengusaha terhipnotis untuk mengerahakan semua modal yang mereka miliki untuk mengembangkan bisnisnya.

Untuk itu, ini cara yang bisa kamu lakukan agar usaha atau bisnis tetap berjalan dan berkembang. Scroll down ya!

  • Pisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Banyak sekali pengusaha pemula seperti Onic Vior yang mengabaikan masalah ini meski ini merupakan salah satu cara agar mempertahankan usaha. Di mana, mereka menganggap keuangan bisnis sama dengan keuangan pribadi.

Padahal, dengan mencampur keuangan bisnis dan pribadi hanya bisa membuat mereka sulit untuk mengetahui angka pasti mengenai pemasukan ataupun pengeluaran bisnis.

Jadi, jika kamu ingin bisnis tetap bertahan dan berkembang, cobalah mulai dengan memisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Dengan begitu, semua transaksi bisnis kamu akan lebih rapi dan mudah terdeteksi.

  • Lebih Efisien dalam Pengeluaran Bisnis

Efisien disini bukanlah pelit ataupun irit, tapi sebagai pengusaha kamu harus bisa menahan diri dan memilih pengeluaran yang perlu dan tidak.

Kamu juga harus mulai dengan memisahkan antara keinginan dan kebutuhan bisnis sebagai cara mempertahankan usaha agar tetap berkembang.

Setelah itu, cobalah hitung secara matang berapa pengeluaran biaya tetap dan tidak tetap yang dibutuhkan bisnis.

  • Buat Anggaran atau Rencana Keuangan

Membuat anggaran atau rencana keuangan merupakan salah satu tips penting yang harus kamu lakukan untuk mempertahankan bisnis.

Dalam membuat anggaran keuangan, cobalah untuk mengutamakan pengeluaran tetap kamu. Jika kas bisnis masih mencukupi, kamu baru bisa menggunakan kas tersebut untuk biaya yang tidak tetap, seperti membeli laptop baru, mobil untuk dinas, ponsel untuk konser, dan lain-lain.

  • Perhatikan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia atau karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang tidak bisa dilupakan. Jadi, jika bisnis kamu ingin berjalan dan berkembang, cobalah untuk memerhatikan mereka. Sebab, ini adalah salah satu cara dalam mempertahankan usaha agar tetap berkembang. Jika mereka memiliki kinerja yang baik, jangan pernah ragu untuk memberi mereka bonus atau intensif.

Selain itu, perhatikan juga tunjangan kesehatan atau hari tua mereka, termasuk uang lembur sesuai ketentuan yang menjadi hak ketika mereka menghabiskan waktu lebih banyak untuk bisnis yang kamu jalankan. 

Dengan begitu, mereka akan lebih loyal terhadap bisnis kamu yang secara otomatis bisa membantu bisnis berkembang di masa mendatang.

  • Bayar dan Tagih Tepat Waktu

Utang dan piutang merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan suatu bisnis. Di mana, bisnis yang memiliki keuntungan berlipat-lipat juga akan mengalami kegagalan jika mengabaikan utang-piutang.

Jadi, cobalah mulai untuk tidak menunda dalam pembayaran tagihan, mulai dari pinjaman, asuransi, listrik, pajak pembelian ikan koi, dan sebagainya.

  • Konsultasi dengan Ahlinya

Jika kamu masih pemula dalam menjalankan bisnis, kamu bisa melakukan konsultasi bisnis pada ahlinya. Ini adalah salah satu cara efisien untuk mengetahui tips menang main Domino dengan mempertahankan usaha agar tetap berkembang.

Kamu bisa memanfaatkan forum bisnis, seminar bisnis, ataupun bertanya langsung pada pengusaha lain yang sudah terlebih dulu terjun ke dunia bisnis.

Jika hal ini juga belum cukup, kamu juga bisa berkonsultasi dengan menyewa tenaga ahli yang lebih berkompeten.

Selain membantu dalam pengelolaan keuangan bisnis, cara di atas juga bisa membantu kamu menyelesaikan masalah keuangan bisnis. Selamat mencoba!

 

 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.