Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Bagi kamu pencinta otomotif, terutama kendaraan roda dua, bisnis jual beli motor bekas adalah salah satu pilihan yang menarik. Motor menjadi salah satu kendaraan yang sangat digemari akhir-akhir ini. Bagaimana tidak? Dalam kondisi kemacetan yang luar biasa, motor dapat menjadi solusi yang paling tepat. Selain bentuknya yang slim dan mudah dibawa kemana-mana, harganya juga jauh lebih murah dibandingkan mobil.

Nah, di sinilah kesempatan kamu untuk memulai bisnis jual beli motor bekas. Bingung soal modal? Jangan khawatir karena sekarang sudah banyak sekali pinjaman online cepat cair dan mudah, yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis jual beli motor bekas kecil-kecilan.

Namun sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu cara memulai bisnis jual beli motor bekas untuk para pemula. Yuk ikuti penjelasan berikut!

1. Cermat memilih motor yang akan dijual

Hal yang paling utama untuk memulai bisnis jual beli motor bekas adalah cermat memilih motor yang mana yang masih layak pakai. Memang sih motor yang kamu jual merupakan barang bekas pakai orang lain, tapi gak ada salahnya kan mencari yang kondisinya masih bagus. Dengan begitu, pembeli pun gak bakal mikir panjang untuk membelinya.

Eits.. Jangan cuma cermat memilih motor dari kondisi fisik luarnya aja yah, tapi periksa juga kondisi mesin motor tersebut. Penting buat kamu melakukan langkah ini agar biaya servis gak terlalu membengkak. Jadi, biayanya bisa dialihkan untuk kepentingan lain. Gimana menurut kamu, betul gak?

2. Lakukan perawatan secara maksimal

Cara yang kedua adalah dengan merawat mtor tersebut semaksimal mungkin, baik fisik luar atau mesinnya punya. Dengan begitu, mematok harga tinggi motor bekas tersebut pun tidak akan menjadi masalah karena performa masih oke. Kalau mau diservis, coba cari tahu biaya servis motor.

3. Cek kelengkapan surat-surat

Hal yang paling penting selanjutnya adalah dengan motor bekas tersebut memiliki surat-surat yang lengkap. Siapa sih yang mau membeli motor tanpa kelengkapan surat? Bukan tanpa alasan, adanya surat-surat tersebut bisa menjadi tanda kalau motor bekas yang kamu jual bukan hasil curian.

Selain itu, pembeli pastinya akan lebih percaya membeli motor bekas dari bisnis kamu karena lengkapnya surat-surat pendukung seperti buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

4. Cek pajak kendaraannya

Cara yang keempat adalah mengecek pajak kendaraan. Faktanya, semakin banyak pajak kendaraan yang tertunggak, maka akan semakin rendah pula harga motor bekas yang akan kamu jual. Kan sayang banget hanya karna penunggakan pajak kamu jadi gak bisa menjualnya dengan harga mahal.

Beda halnya jika motor bekas tersebut pajaknya dibayarkan tepat waktu. Otomatis nilai jualnya juga akan naik dan pembeli pun gak perlu ribet mengurus keterlambatan pembayaran pajak kendaraan.

5. Menentukan target pembeli

Setiap kendaraan pasti memiliki segmen pembelinya masing-masing, salah satunya motor bekas. Jadi, setelah tahu target pasar untuk menjual motor bekas, kamu pun bisa langsung menawarkannya kepada konsumen. Cobalah menawarkan motor bekas yang kamu jual kepada orang-orang yang pecinta motor atau komunitas motor di sekitar.

6. Mengetahui harga jual di pasaran

Hal penting lainnya adalah mengetahui harga pasaran. Untuk mengetahui harga jual motor bekas di pasaran adalah dengan melakukan riset pasar. Dengan begitu, rata-rata harga jual motor seken yang kamu jual akan sama dengan harga pasaran atau bahkan lebih murah dari pasaran.

Tips agar bisnis kamu berjalan dengan lancar adalah dengan mematok harga yang tidak terlalu rendah maupun tinggi. Eitss, tapi gak ada salahnya kok kamu patok harga tinggi jika motor bekas tersebut edisi terbatas dan kualitasnya masih oke banget.

7. Bekerja sama dengan showroom motor

Mungkin banyak yang  belum tahu jika showroom gak hanya menjual motor baru tapi jual motor bekas. Nah, itulah kesempatan buat kamu untuk bekerja sama dengan showroom.

Dengan menjalin kerja sama dengan showroom atau menjadikannya mitra usaha, kamu sudah pasti terbantu apalagi sebagai pebisnis pemula di bisnis ini.

Gimana, apakah kamu tertarik menjalankan bisnis ini? Tunggu apa lagi segera mulai bisnis ini dan rasakan keuntungannya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil