Cara Memulai Bisnis Tempe Rumahan Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Tempe Rumahan Untuk Pemula

Bisnis merupakan salah satu cara yang banyak sekali ditempuh oleh banyak orang dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sangat beragam.

Ada begitu banyak jenis bisnis yang sering dilakukan oleh banyak orang, mulai dari bisnis makanan, properti, hiburan, hingga usaha rumahan yang lainnya.

Salah satu bisnis atau usaha rumahan yang tidak memerlukan modal yang terlalu banyak adalah bisnis tempe.

Nah, bagi kalian yang merasa binggung untuk memulai jenis bisnis apa karena terbentur dengan modal, maka kalian dapat memilih jenis bisnis yang satu ini.

Bisnis tempe rumahan tergolong kedalam jenis bisnis yang sangat mudah untuk dijalani karena proses pembuatannya tidak merlukan sebuah keahlian yang khusus.

Selain itu bahan makanan tempe juga tergolong kedalam makanan yang sangat banyak dicari dan juga dikonsumsi oleh banyak orang, oleh karenanya bisnis ini cukup memiliki peluang keberhasilan yang cukup tinggi.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara yang tepat utuk memulai bisnis tempe rumahan di rumah. Penasaran bagaimana tahapannya? Berikut penjelasannya.

Cara Memulai Bisnis Tempe Rumahan Untuk Pemula

Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari kedelai. Nah, sebelum mengetahui cara pengolahan kedelai menjadi bahan tempe, ada baiknya jika kalian mengetahui jenis kedelai yang bagus untuk proses pembuatan tempe tempe.

Karatertik Kedelai Yang Baik Utuk Pembuatan Tempe

Cara Memulai Bisnis Tempe Rumahan Untuk Pemula

1. Berwarna kuning kecokelatan

Ciri kedelai yang baik untuk olahan tempe adalah biji yang memiliki warna kuning kecoklatan.

Kalian harus tau bahwa ada begitu banyak jenis kedelai, salah satunya adalah kedelai dengan warna  hitam legam serta berbiji kecil dan biasanya digunakan sebagai bahan baku kecap.

Nah, untuk bahan tempe, jenis kedelai yang kalian pakai adalah warna kuning yang merata.

2. Biji bulat tidak pipih

Ciri biji kedelai yang berkualitas yang berikutnya adalah memiliki bentuk biji yang bulat serta tidak pipih.

Terkadang, biji kedelai tumbuh dengan bentuk agak pipih. Kedelai pipih ini cukup sulit untuk mengembang dan agak keras. Oleh karena itu dalam usaha pembuatan tempe disarankan untuk memilih kedelai dengan biji bulat.

3. Cukup masak

Ciri kedelai yang baik untuk bahan pembuatan tempe yang berikutnya adalah kedelai yang sudah cukup masak.

Hal ini disebabkan karena biasanya kedelai yang masih muda memiliki rada yang pahit serta kandungan gizinya lebih sedikit jika dibandingkan dengan kedelai yang sudah masak.

Cara mengetahui kedelai yang sudah siap panen adalah memiliki kulit mulus tanpa adanya kerutan.

4. Daging kedelai padat

Ciri kedelai yang baik untuk pembuatan tempe yang berikutnya adalah memiliki daging yang cukup padat.

Hal ini akan tampak pada saat kalian melakukan perubusan terhadap biji kedelai. Nantinya setelah mengalami proses perubusan, kulit dan biji nya akan dipisah.

5. Kering

Kedelai yang baik untuk bahan tempe adalah kedelai yang dalam kondisi kering dan juga bersih. Hal ini bertujuan untuk membuat kualitas tempe nantinya akan bagus serta tidak mudah hancur.

Nah, setelah kalian mengetahui beberpa ciri kedelai yang baik, maka selanjutnya kalian harus mengetahu proses pengolahan biji kedelai menjadi produk tempe. Penasaran bagaimana prosesnya? Berikut penjelasannya.

Proses Pembuatan Tempe

Cara Memulai Bisnis Tempe Rumahan Untuk Pemula

Beikut ini beberapa langkah yang harus kalian jalani untuk membuat tempe.

  • Langkah yang pertama adalah memastikan biji kedelai yang hendak diolah menjadi produk tempe sudah dalam keadaan yang sangat bersih.
  • Setelah biji jkedelai sudah bersih, maka selanjutnya kalian dapat merebus kedelai hingga matang.
  • Setelah dirasa biji kedelai sudah matang, maka proses berikutnya adalah mendinginkan biji kedelai.
  • Setelah biji kedelai sudah dingin, maka kalian dapat mengganti air dengan yang baru dan rendam selama kurang lebih selama satu jam.
  • Setelah sudah mencapai waktu satu sam, tiriskan airnya kemuadia pisahkan kulit dengan biji dan remas adonan kedelai.
  • Setelah kedelai sudah dipisahkan dari kulitnya, maka tahap berikutnya kalian dapat mengukus kedelai hingga matang dengan cara diangin-anginkan.
  • Tahap berikutnya adalah dengan meratakan kedelai pada sebuah wadah dengan permukaan yang rata. Namun sebelum melakukan tahap ini, kalian harus memastikan adonan sudah benar-benar kering. Sebarkan secara merata dengan menggunakan sendok. Jika sudah dirasa merata, maka sebarkan secara merata 10 gr ragi tempe & 2 sendok makan tepung tapioca.
  • Setelah merata, bungkus dengan daun pisang atau plastik yang sudah diberi lubang udara dengan ukuran tebal lalu simpan dalam suhu ruangan dan tidak terlalu lembab, namun juga tidak terlalu lembab.
Nah, itulah beberapa cara membuat tempe rumahan bagi kalian yang masih pemula. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian ya. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil