Mengenal Bisnis Database Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Di zaman yang semakin canggih seperti saat ini, hal apapun dapat menghasilkan uang. Kini, banyak model bisnis baru yang sebelumnya belum sempat terpikirkan sama sekali. Salah satunya adalah bisnis database. Data base merupakan salah satu bisnis yang memiliki cara kerja yang sangat unik.

Kamu dapat memperoleh keuntungan dari berbagai data personal atau sumber yang diambil tanpa membutuhkan biaya.

Ingin tahu lebih dalam mengenai bisnis database? Berikut penjelasan tentang bisnis database, cara kerjanya, serta kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis ini.

Pengertian Bisnis Database

Bisnis database adalah suatu bisnis yang dilakukan dengan cara mengumpulkan nomor telepon, WhatsApp, email dan sejenisnya dari para produsen, supplier, perusahaan, nama, dan juga alamat untuk selanjutnya di jual.

Produk utama dari bisnis ini adalah data. Cara memperolehnya pun sangat banyak, ada yang mengambil database dari berbagai aplikasi yang mengumpulkan setiap data pengguna, dan masih banyak lagi.

Contoh sederhananya adalah praktik jual beli pulsa dan paket data, ketika kamu diminta untuk menuliskan nomor telepon Anda, maka dari data tersebut sudah bisa dijadikan untuk berjualan database. Berbagai date tersebut dapat dikumpulkan dan dijual kepada orang ataupun perusahaan yang memerlukan. Umumnya, berbagai data ini dibutuhkan untuk kebutuhan promosi, survei, dll. kepada para konsumen.

Kelebihan Bisnis Database

1. Mudah Dijalankan

Kelebihan yang pertama adalah mudah dijalankan. Kamu dapat menawarkan berbagai database potensial ini melalui media sosial, iklan maupun website. Lebih enaknya lagi, satu database bisa kamu jual berulang kali kepada pihak yang memerlukan.

Jadi, menjalankan bisnis ini sangatlah mudah, tidak perlu menyiapkan persediaan ataupun produksi, kamu bisa tetap jualan setiap saat.

2. Cukup Modal Sekali

Kelebihan yang kedua adalah cukup modal sekali saja saat melakukan pembayaran pertama. Jadi, sebagai contoh kamu membeli database supplier fashion senilai 200 ribu.

Nah, dari data tersebut kamu bisa menjualnya berulang kali pada para pemilik toko online dan offline yang memerlukan supplier. Karena bentuknya ini berupa file, maka kamu bisa menjualnya kembali dan bisa balik modal dengan cepat.

3. Prospek Kedepannya Bagus

Kelebihan selanjutnya adalah memiliki masa depan yang cukup bagus dengan minat belanja online yang selalu meningkat. Contohnya saja dari penjualan database produsen fashion, akan ada banyak sekali penjual yang memerlukan database produsen fashion untuk mencari harga yang paling murah pada tiap produknya.

4. Dapat Dilakukan oleh Siapa Saja

Kelebihan keempat adalah dapat dilakukan oleh siapa saja karena dalam prosesnya juga tidak membutuhkan perhatian yang sangat banyak. Bisnis ini bisa dilakukan oleh mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, bahkan bisa dilakukan oleh para pekerja juga.

Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan latar belakang ilmu apapun.

Kekurangan Bisnis Database

1. Bisnis Ilegal

Kekurangan pertama dari bisnis ini ialah karena termasuk ke bisnis ilegal. Berdasarkan undang-undang nomor 19 tahun 2016 terkait informasi dan transaksi elektronik atau ITE, bisnis jual beli data ini dilarang dan bisa diancam tindakan pidana.

2. Validitas Data yang Dijual

Kekurangan selanjutnya adalah terkait validitas data yang diperjualbelikan di dalamnya. Banyak sekali kasus database yang dijual adalah database yang sudah tidak valid, sehingga banyak konsumen yang merasa tertipu. Bila sudah terjadi, maka tentunya akan mencoreng nama baik kamu dan kamu pun sudah tidak bisa lagi dipercaya oleh konsumen kamu.

3. Indikasi MLM

Terdapat indikasi bisnis database seperti MLM atau Multi Level Marketing. kamu membeli sekumpulan data lalu menjualnya lagi pada pihak lain, lalu orang tersebut menjualnya lagi, dan seterusnya.

Untuk itu, pastikanlah mereka yang membeli database ini adalah mereka yang memang memerlukan data tersebut, bukan untuk dijual lagi untuk mencari keuntungan pribadi.

Nah sobat blog, itulah seputar informasi mengenai bisnis database yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.