Cara Sukses Menjual Produk Bisnis dengan Sistem Multi Level Marketing

Sukses di usia muda mungkin menjadi impian semua orang. Namun, hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup menjalani mimpi tersebut. Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan matang.

Maka dari itu, kamu harus lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, kamu akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang kamu bangun justru berhenti di tengah jalan.

Jika hati kamu sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan kamu jalankan nanti. kamu bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

Contohnya, bisnis Multi Level Marketing (MLM). Multi Level Marketing merupakan salah satu pilihan strategi marketing dalam memasarkan produk bisnis yang ditawarkan. Berbagai jenis produk seperti obat-obatan, barang elektronik, asuransi, kendaraan bermotor, hingga produk fashion bisa menerapkan sistem marketing ini.

Nah buat kamu yang ingin memulai sistem ini, kamu harus mengetahui cara sukses menjual produk bisnis dengan sistem Multi Level Marketing. Berikut ulasannya!

1. Menjalin Hubungan Relasi

Cara pertama adalah menjalin hubungan relasi. Kebanyakan mereka yang mencari downline terlalu ‘ngotot’ untuk menyampaikan presentasi bisnisnya, sementara orang yang ingin diajak bergabung masih dingin, kurang antusias dan merasa curiga dengan kamu.

Pastikan dalam agenda memperluas jaringan bisnis, kamu melakukannya dengan relaks dan mengenali dulu prospek calon member anda. Yang terpenting adalah membangun jaringan (koneksi) tanpa terlihat ambisius.

2. Memahami Calon Konsumen

Cara kedua adalah memahami calon konsumen. Kamu harus mencoba memahami apa sebenarnya yang dibutuhkan dan diinginkan oleh calon konsumen dan calon member. Gunakan segala kreativitas yang ada agar proses memahami tersebut berjalan dengan biasa, nyaman dan tidak secara terpaksa.

3. Bisa Memberikan Rekomendasi

Cara selanjutnya adalah memberikan rekomendasi. Bila kamu sudah paham, barulah ajukan solusi dan rekomendasi berdasarkan kebutuhan mereka.

Ada kalanya apa yang kamu tawarkan ternyata tidak dapat menyelesaikan permasalahan mereka atau mereka menolak saran produk MLM kamu. Jadi jangan memaksa atau memutuskan jalinan persahabatan yang baru dibangun. Bersabarlah dulu dan mungkin setelah itu akan saatnya dia bersedia untuk mempertimbangkan usulan kamu.

4. Menjual dengan Penawaran Sopan

Berikutnya adalah menjual dengan penawaran sopan. Menjual adalah proses akhir setelah segala yang diterangkan di atas terjadi dengan baik dan lancar. Jangan memaksa atau menjual dengan cara menipu.

Coba lihat proses di atas dan renungkan apakah kamu telah mengamalkannya selama melakukan aktivitas penjualan dan penawaran dalam MLM yang kamu geluti. Kebanyakan dari mereka yang kurang berhasil biasanya tidak mengikuti langkah-langkah di atas. Mereka buru-buru ingin jual dan mencari lagi pelanggan dan member baru.

Nah sobat blog, itulah beberapa cara sukses menjual produk bisnis dengan sistem Multi Level Marketing yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.