5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Hantaran Pernikahan

Hallo sahabat, seperti yang kita tahu, prosesi seserahan atau hantaran memang tidak bisa dipisahkan dari tradisi pernikahan di Indonesia. Budaya tersebut hampir selalu ada dan menjadi bagian penting dalam pesta pernikahan.

Dalam tradisi ini pihak keluarga calon pengantin pria akan membawa serangkain barang yang ditempatkan di dalam kotak seserahan. Dan nantinya barang-barang tersebut akan diberikan kepada calon pengantin wanita.

Dari berbagai benda yang diberikan ketika prosesi seserahan, terdapat beberapa benda yang wajib ada dalam box seserahan. Di antaranya adalah seperangkat peralatan ibadah, perhiasan, seperangkat busana wanita, rangkaian produk kecantikan seperti makeup dan juga skin care, hingga buah-buahan. Hal ini pun menjadi peluang yang cukup menjanjikan untuk para pebisnis, yaitu dengan membangun jasa penyedia hantaran pernikahan.

Nah, buat kamu yang ingin memulai bisnis ini, kamu harus mengetahui beberapa tips agar bisnis kamu berjalan dengan lancar.

Tips Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan

1. Pilih Jenis Bisnis Secara Tepat

Tips pertama adalah memilih jenis bisnis secara tepat. Kamu harus mempelajari mengenai bisnis hantaran yang bisa kamu tekuni dan sesuai dengan kemampuanmu. Jangan terlalu memaksakan karena khawatir nantinya timbul masalah saat melaksanakan usaha tersebut, sehingga menimbulkan kerugian cukup besar daripada keuntungannya.

Ada tiga pilihan jasa yang bisa Anda gunakan, yakni bisnis hias hantaran, sewa perlengkapan hantaran, dan jual paket hantaran. Sesuaikan pilihan layanan tersebut dengan kebutuhan pasar, target, serta lokasi tempat berlangsungnya bisnis tersebut agar nantinya kegiatan usaha dapat berjalan sesuai rencana.

2. Pahami Keanekaragaman Tradisi

Tips selanjutnya adalah memahami keanekaragaman tradisi. Memahami keanekaragaman tradisi menjadi salah satu hal penting yang harus kamu kuasai apabila ingin membuka bisnis hantaran pernikahan ini. Karena, biasanya setiap pernikahan memiliki adat tersendiri dan hantarannya harus sesuai dengan tema pada acara tersebut agar lebih selarah.

Jika kamu memahami keanekaragaman tradisi tersebut, maka produk hantaran yang tersedia pun menjadi lebih beragam. Cara ini memberikan keleluasaan kepada pelanggan untuk memilih produk sesuai keinginannya. Selain itu, pelaku usaha juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan customer.

3. Sesuaikan Target Konsumen dengan Harga produk

Tips ketiga adalah menyesuaikan target konsumen dengan harga produk. Untuk itu, kamu perlu mengadakan survei kecil-kecilan terlebih dahulu. Lakukanlah survei ke masyarakat sekitar di mana lokasi bisnis tersebut berlangsung.

Kelompokkan pekerjaan masyarakat dan tentukan harga produk yang bisa kamu tawarkan. Selain itu, cara ini juga membantu pelaku bisnis untuk menentukan bahan atau material yang akan digunakan. Jika konsumen merupakan kalangan menengah ke atas, pastinya kualitas bahan harus bagus dan baik.

4. Gaya Hiasan yang Unik

Tips berikutnya adalah membuat gaya hiasan yang unik. Memberikan keunikan tersendiri pada produk membuat bisnis menjadi lebih terkenal.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengingat dengan mudah bisnismu. Berikanlah ciri khas tertentu pada produk untuk membedakannya dengan bisnis lain. Jika kehabisan inspirasi, tidak perlu khawatir, karena di internet sudah banyak desain-desain hantaran pernikahan yang memukau dan mudah.

5. Siapkan Modal Seminim Mungkin

Tips terakhir adalah menyiapkan modal seminim mungkin. Modal berperan sangat penting dalam menunjang keberlangsungan sebuah bisnis. Apalagi jika kamu baru saja merintis usaha tersebut. Pastinya membutuhkan modal yang cukup banyak. Namun, biasanya jika menekuni bisnis hantaran ini, pelaku bisnis tidak perlu menyiapkan modal dalam jumlah besar.

Kamu harus bisa mencari partner untuk memasok bahan-bahan atau barang-barang hantaran. Misalnya seperti, melakukan kerjasama dengan pengrajin kayu dan rotan, pedagang bunga, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk menekan modal agar tidak terlalu banyak serta untungnya pun lebih besar.

Nah sobat blog, itulah beberapa tips sukses menjalankan bisnis hantaran yang perlu kamu ketahui. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.