Mengenal Bisnis Startup Lengkap dengan Cara Mencari Ide Bisnisnya

Hallo sobat blog, seperti yang kita tahu, Industri digital telah terbukti memberikan peluang besar bagi Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan startup di Indonesia semakin menjamur dan menunjukkan prospek positif pada ekonomi digital di Indonesia.

Populasi Indonesia sebanyak 267 juta jiwa merupakan sebuah market yang sangat besar. Ditambah penggunaan internet yang terus menerus meningkat menjadikan Indonesia sebagai sebuah potensi bagi industri digital dan berhasil menggaet banyak pelanggan.

Tak salah jika dikatakan bahwa perusahaan rintisan digital atau startup memberikan sumbangsih positif kepada bangsa. Sumbangsih tersebut memberikan beragam manfaat di antaranya terserapnya banyak tenaga kerja, sebagai saluran penjualan bagi pengusaha mikro, kecil, dan menengah lewat kanal digital, serta memberikan solusi yang inovatif dan adaptif bagi permasalahan yang ada dan terjadi di masyarakat.

Nah, sebelum menjalankan sebuah bisnis, terlebih dahulu kita harus bisa membangun idenya dulu, dan hal ini sama seperti ketika akan membangun bisnis startup ini. Karena dengan ide-ide tersebut, kita akan lebih mudah dalam memetakan langkah bisnis selanjutnya.

Lantas, bagaimana sih cara mencari sebuh ide bisnis? Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Cara Mencari Sebuah Ide Bisnis

1. Melakukan riset produk dan bisnis

Cara pertama untuk mendapatkan ide bisnis adalah dengan melakukan riset barangnya. Dimana, kita bisa riset langsung ke pasar ataupun lokasi pusat bisnisnya. Di sana, kita bisa melihat sendiri, kira-kira produk apa sih yang sedang laku dan diincar banyak konsumen.

Bahkan, dengan riset kita juga bakalan tahu loh seberapa besar potensi pasarnya ke depannya. Jadi, dengan melakukan riset kecil-kecilan ini, kita yang tadinya nge-blank bakalan mendadak dapat ide. Percaya deh!

2. Menemukan problem di masyarakat

Cara kedua untuk mendapatkan ide bisnis adalah dengan menemukan problem di masyarakat. Perlu kamu ketahui menjadi seorang pebisnis tidaklah mudah. Meskipun demikian, semua hal yang kita hadapi akaa terbayar kok dengan hasilnya.

Maka, coba deh untuk lebih peka lagi terhadap lingkungan. Karena dengan peka, kita akan lebih muda menemukan ide. Atau, kita juga bisa bertanya ke masyarakat sekitar demi mendapatkan ide ini.

3. Inspirasi dari masalah personal

Buat yang punya masalah, bisa dicoba nih. Ya, karena memang, ide bisnis bisa lahir dari masalah pribadi.

Contohnya ketika kita lagi di kampus dan ngerasa laper saat jam kuliah tepat di jam kuliah pertama yang masih pagi banget. Secara, kantin biasanya masih pada tutup.

Nah, dengan masalah ini, kita sudah bisa dapet ide bisnis loh. Yakni dengan mulai jualan makanan tepat di jam-jam tadi, sehingga bisa menjadi solusi buat teman-teman kita yang juga kelaparan.

Oke sobat blog, itulah beberapa cara mencari sebuah ide bisnis yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan