Deretan Ide Bisnis yang Menguntungkan untuk Pensiunan

Hallo sahabat blog, seperti yang kita tahu, mendekati masa pensiunan adalah masa-masa dimana kamu sudah tidak produktif lagi di dalam bekerja.

Biasanya usia pensiun adalah sekitar 60 tahun, ada beberapa yang bahkan di bawah 60 tahun sudah mulai pensiun, tergantung kebijakan dari tempat mereka bekerja. Dan tentunya jika sudah pensiun dari segi penghasilan bulanan tidak sebanyak saat masih bekerja, ya.

Selain itu, hari-hari kamu akan terasa membosankan, karena biasanya ada pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi jika sudah pensiun malah menganggur tidak ada pekerjaan.

Maka dari itu, kamu perlu membuka usaha untuk mengisi mengisi waktu luang dan menambah penghasilan per bulan. Namun, tidak semua usaha cocok untuk pensiunan, terutama bisnis yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran yang berat.

Untuk itu, kami akan merekomendasikan beberapa bisnis yang bisa dijalankan oleh pensiunan dan pastinya menguntungkan. Apa saja sih bisnisnya? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Kos-kosan atau Kontrakan

Buat kamu yang memiliki tempat tinggal di kota dan berdekatan dengan perkantoran, kampus, atau tempat umum, bisnis kos-kosan atau kontrakan adalah salah satu bisnis pensiunan yang paling menguntungkan.

Mungkin untuk modal membangun kos-kosan atau kontrakan tidaklah murah, namun setelah jadi kamu hanya tinggal menerima bayaran setiap bulan dari setiap penyewa.

Selain itu, bisnis kos-kosan ini tidak ada matinya, bahkan semakin tahun semakin naik harga sewa kos-kosan. Akan tetapi kamu harus telaten untuk mengelolanya, walaupun ini salah satu bisnis properti yang minim kerugian, kamu harus menjalankannya dengan sebaik mungkin, mulai dari perencanaan hingga promosi.

2. Toko Kelontong

Usaha toko kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari adalah salah satu bisnis menarik bagi pensiunan. Karena kamu hanya perlu membuka toko kelontong di rumah, nantinya pembeli akan datang dengan sendirinya.

Untuk modal membuka toko kelontong ini sendiri tidak terlalu besar, sehingga bisa dijalankan oleh siapapun. Untuk barang yang dijual sebaiknya adalah barang kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan barang lainnya yang mudah laku.

3. Usaha Peternakan

Usaha peternakan merupakan salah satu usaha yang sangat cocok untuk pensiunan, karena tidak terlalu terikat dengan waktu kerja.

Selain itu, dengan bisnis peternakan ini, kamu bisa sekaligus mengisi waktu luang, sehingga tidak banyak waktu menganggurnya. Misalnya, beternak ayam pedaging, ayam petelur, pembesaran kambing, pembesaran sapi, atau burung berkicau.

Jika peternakan sudah mulai besar dan kamu sudah mulai kewalahan untuk mengurusinya, kamu bisa mencari karyawan untuk membantu pekerjaanmu.

4. Persewaan

Bisnis persewaan adalah bisnis yang menguntungkan, cukup modal sekali saja untuk membeli selanjutnya uang akan masuk dengan sendirinya.

Apalagi jika kamu memiliki barang yang tidak terpakai dan bisa disewakan, itu malah menjadi lebih bagus. Contohnya saja persewaan alat-alat pertanian, persewaan peralatan acara pernikahan, sewa tenda, genset, audio sound system, dan masih banyak lainnya.

5. Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba merupakan salah satu bisnis sampingan pensiunan yang paling menarik. Untuk modal awal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, kamu juga tidak perlu menjalankan bisnis secara langsung, biasanya sudah ada karyawan yang ditugaskan untuk menjalankannya.

Tugas kamu sebagai pemilik waralaba hanyalah mengontrol dan mengatur bisnis tersebut agar tetap mendapatkan keuntungan.

Nah sahabat blog, itulah beberapa bisnis yang cocok buat pensiunan. Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan