Tips Sukses Memulai Bisnis Hijab Kekinian

Perkembangan trend modest wear yang begitu pesat tidak dapat dipungkiri memang mendorong tingginya permintaan hijab kekinian di tanah air. Hal inilah yang membuat bisnis hijab menjadi salah satu bisnis yang banyak dimanati oleh para pebisnis lama atau pun pemula.

Nah, buat kamu yang ingin memulai bisnis ini kamu harus mengetahui beberapa tips agar bisnis kamu berjalan dengan lancar. Yuk simak beberapa tips berikut ini!

1. Adaptasi Tren Terkini

Hijab digunakan untuk menutup aurat. Dahulu, beberapa model hijab, seperti kerudung atau jilbab, dibuat dengan begitu sederhana. Namun kini busana muslim yang satu ini telah mengalami modifikasi model yang semakin kekinian.

Dalam hal bisnis, kamu bisa mencari tahu model hijab yang sedang happening. Mudahnya, kamu bisa mencari tahu dengan melihat akun media sosial merk mukena terkenal. Kamu juga bisa mengamati langsung dari OOTD yang sedang trending.

Selain itu, cobalah mengunjungi beberapa laman e-commerce dan mencari tahu produk hijab yang tengah laris manis. Kamu perlu mencari tren secara rutin agar produkmu selalu up to date.

2. Batasi Niche Market

Target pasar bisnis hijab atau secara spesifik disebut niche tentunya kaum muslimah, namun secara lebih spesifik kamu bisa menentukan target pasarnya. Apakah kamu menyasar muslimah dewasa, remaja, atau anak-anak?

Jika target pasar kamu adalah remaja, cobalah untuk menghadirkan model hijab yang kekinian, praktis dan dengan warna-warna pastel. Namun jika target pasarmu adalah dewasa, cobalah untuk menghadirkan model hijab yang sederhana dan mudah dikenakan.

Sedangkan untuk target pasar anak-anak, coba tambahkan beberapa bordiran bunga dan gunakan warna-warna cerah. Kamu tak harus menargetkan semua segmen pasar. Jika terlalu sulit, cukup pilih satu segmen pasar dan fokuskan bisnismu pada segmen tersebut.

3. Cari Pemasok

Dalam menjalankan bisnis hijab, kamu dapat berperan sebagai dropshipper atau membuat merekmu sendiri. Jika menjadi dropshipper, kamu perlu memilih brand hijab terkenal sebagai pemasok utama. Pertimbangkan juga model hijab dan harga yang kompetitif.

Namun jika ingin memiliki merek sendiri, kamu perlu mencari konveksi yang terpercaya. Hal ini dibutuhkan untuk menghasilkan hijab kualitas terbaik. Pasalnya, beberapa konveksi mematok harga yang tinggi, jadi kamu harus jeli dalam menentukan mana konveksi yang pas.

Kamu harus selektif. Carilah konveksi dengan kualitas jahitan yang rapi dan dengan harga yang kompetitif. Kualitas hijab yang kamu inginkan tentu bergantung juga pada budget yang kamu miliki. Jangan memaksakan biaya yang rendah dengan harapan kualitas produk yang baik.

4. Jual Online dan Offline

Setidaknya ada dua jenis usaha yang bisa kamu lakukan, yaitu menjual hijab secara online dan offline. Hal ini sangat perlu karna akan membantu memperbanyak langganan kamu.

Bila memungkinkan, kamu juga bisa mencoba menyewa lapak usaha di dekat masjid, pesantren, dan sejenisnya. Ketika memilih berjualan online, kamu tentu perlu menentukan platform yang tepat.

Nah sobat blog, itulah beberapa tips sukses yang bisa kamu lakukan dalam memulai bisnis hijab. Bagaimana, apakah kamu tertarik memulai bisnis ini? Komen di bawah ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan