10 Ide Bisnis Minuman Kekinian dan Cara Memulainya

 


Mengingat Indonesia adalah negara tropis dengan cuaca panas sehingga orang-orangnya suka minum es, maka membuar bisnis minuman di Indonesia adalah salah satu ide bisnis yang sangat menjajikan di Indonesia.

Seiring perkembangan teknologi dan semakin tingginya penggunaan media sosial, bisnis minuman pun ikut berinovasi dan lahirlah berbagai bisnis minuman kekinian.

berikut penjelasan mengenai gambaran keuntungan bisnis minuman kekinian dan bagaimana cara memulainya.

Ide Bisnis Minuman Kekinian

1. Minuman Bersoda Non Alkohol

Jenis minuman ini tengah digandrungi khususnya oleh anak muda karena pengaruh budaya Korea. Di Korea dikenal budaya minum soju, hanya saja di Indonesia tidak diperbolehkan minum alkohol. Karena itu, Anda bisa membuat produk minuman mirip soju tapi tanpa alkohol.

2. Minuman Boba

Jenis ini mengkombinasikan minuman manis dengan boba atau bola-bola berbahan tapioka untuk menambah kesan manis dan kenyal.

3. Jamu Kekinian

Jamu tidak lagi identik dengan minuman orang tua atau minuman zaman dulu. Semakin banyak anak muda yang menyadari manfaat kesehatan dari jamu, sehingga Anda bisa membuka bisnis minuman jamu kekinian.

4. Teh Kekinian

Bisnis ini terbilang sudah cukup lama dikembangkan, hingga muncul berbagai variasi teh kekinian di pasaran. Tapi jika Anda kreatif, Anda masih bisa membuat inovasi teh kekinian yang akan menarik konsumen, bahkan menjadi tren.

5. Kombucha

Ini merupakan minuman sejenis teh dengan campuran mikroba dan ragi yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

6. Cheese Drink

Ini merupakan salah satu variasi dari teh kekinian, yakni cheese tea alias campuran teh dengan krim keju. Tidak hanya teh, krim keju juga bisa dicampurkan ke jenis minuman lain seperti susu.

7. Es Kopi Susu

Selain teh kekinian, es kopi susu juga termasuk 'pemain lama' dan sudah banyak variasinya di pasaran. Namun, Anda tetap bisa menyajikan es kopi susu dengan inovasi atau variasi baru yang bisa menarik pelanggan. Jenis minuman ini termasuk paling populer karena Indonesia juga kental dengan budaya 'ngopi'.

8. Green Tea atau Matcha

Green tea atau matcha bisa menjadi pilihan bisnis minuman kekinian Anda karena jenis minuman ini banyak juga digandrungi oleh anak muda.

9. Mocktail

Mocktail terdiri atas bahan dasar sirup, jus, dan buah segar dengan tambahan soda dan garnish yang memberikan efek menyegarkan. Anda bisa membuka bisnis minuman mocktail yang terjangkau, karena biasanya mocktail dijual secara terbatas dan harganya cukup mahal.

10. Cold Pressed Juice

Minuman ini merupakan inovasi dari jus buah. Jika jus buah masih kental karena merupakan hasil pemblenderan buah, cold pressed juice hanya mengambil sari buahnya saja. Teksturnya jauh lebih encer dan lebih segar ketika dikonsumsi.

Cara Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Setelah mencermati keuntungannya, Anda bisa mulai merencanakan bisnis minuman kekinian sendiri.

1. Buat Perencanaan Usaha Sesuai Modal

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membuat perencanaan bisnis yang disesuaikan dengan modal. Jika modal Anda terbatas, maka jangan memaksakan diri untuk membuat bisnis minuman kekinian yang membutuhkan bahan baku mahal. Anda bisa memilih jenis bisnis minuman yang sesuai kantong, kemudian seiring dengan bertambahnya keuntungan, Anda bisa mengembangkannya menjadi lebih besar.

Perencanaan usaha juga harus mencakup gambaran usaha secara keseluruhan, mulai dari jenis minuman yang akan ditawarkan serta harganya, bahan dan alat yang akan digunakan, lokasi penjualan, hingga strategi promosi yang akan dilakukan.

2. Siapkan Produk yang Inovatif dan Variatif

Menyambung langkah pertama, rencanakan produk minuman yang inovatif dan variatif. Bisnis minuman kekinian memang menjanjikan, tetapi banyak juga pemain yang sudah berkecimpung dalam bisnis ini. Jika ingin menarik perhatian audiens, Anda harus menyajikan produk yang berbeda dari yang lain.

3. Utamakan Kualitas Bahan

Selain menarik, hal yang lebih penting dari produk minuman Anda adalah kualitas. Karena itu, utamakan kualitas bahan yang dipakai untuk membuat produk minuman kekinian Anda. Bahan baku yang berkualitas akan membuat produk Anda dipercayai konsumen dan mereka bersedia membeli kembali produk Anda.

4. Sajikan dengan Kemasan yang Menarik

Setelah inovasi dan kualitas terpenuhi, Anda juga perlu memperhatikan kemasan yang digunakan untuk produk. Upayakan agar produk minuman Anda tersaji dalam kemasan yang menarik. Kemasan menarik ini penting karena biasanya konsumen akan membagikan minuman tersebut ke media sosial. Hal ini secara tidak langsung mendukung juga promosi produk Anda kepada khalayak yang lebih luas.

5. Cari Lokasi Strategis untuk Berjualan

Langkah selanjutnya berdasarkan perencanaan usaha adalah mencari lokasi yang tepat untuk berjualan produk minuman Anda. Lokasi menjadi faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan usaha minuman kekinian Anda. Lokasi strategis tidak harus yang ramai pengunjung, tetapi juga mudah diakses.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan layanan online untuk memudahkan konsumen. Jadi, konsumen tidak harus datang ke gerai atau kios Anda untuk mendapatkan produk minuman tersebut. Meskipun bisa dilayani secara online, lokasi toko atau gerai juga harus diperhatikan karena jika sulit diakses atau terlalu jauh dari konsumen, bisnis Anda akan sulit dilirik.

6. Maksimalkan Promosi melalui Online

Mengingat sekarang semua informasi tersedia secara online, Anda juga perlu memanfaatkan media sosial untuk memaksimalkan promosi. Anda bisa membuat akun khusus untuk bisnis Anda dan mempromosikan produk secara rutin.

Cara ini bisa dilakukan tanpa biaya alias gratis. Tapi jika ingin jangkauan Anda lebih luas dan tepat sasaran, Anda juga bisa menggunakan layanan iklan berbayar atau bekerja sama dengan influencer.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan