Tips Sukses Memulai Bisnis Barbershop untuk Pemula

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis barbershop berkembang pesat, khususnya di kota-kota besar. Banyak bermunculan barbershop baru yang dipicu oleh semakin meningkatnya kebutuhan kaum pria untuk tampil lebih rapi dan menarik dengan potongan rambut yang stylish dan berkelas.

Barbershop kekinian ini menawarkan lebih dari sekedar jasa mencukur rambut, tetapi juga tempat yang nyaman untuk santai serta ngobrol-ngobrol, bahkan ada yang menawarkan kopi juga, loh!

Dilengkapi dengan peralatan modern yang steril dan pelayanan yang baik dari para barber, barbershop yang berkonsep semacam ini menawarkan jasa layaknya di salon kecantikan wanita, misalnya dengan creambath, pewarnaan rambut, bahkan pemijatan. Tak ketinggalan pula jasa mencukur kumis, jenggot, dan jambang.

Banyak pengusaha muda yang tertarik untuk menjankan di bisnis ini, yang pada dasarnya menggabungkan bisnis jasa dan lifestyle. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, kamu harus mengetahui beberapa tips menjalankan bisnis barbershop agar bisnis kamu berjalan dengan lancar. Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Memilih lokasi yang tepat

Tips yang pertama adalah memilih lokasi yang tepat. Pemilihan lokasi yang strategis dalam memulai usaha adalah suatu faktor penting untuk menentukan kesuksesan usaha barbershop.

Semakin strategis lokasi yang kamu pilih, maka akan semakin tinggi pula peluang bagi barbershop kamu untuk dikunjungi pelanggan. Jika kamu punya rumah di lokasi yang strategis, mungkin kamu bisa ‘menyulapnya’ menjadi barbershop.

2. Mengusung konsep yang menarik

Tips yang kedua adalah mengusung konsep yang menarik. Saat ini banyak barbershop yang menawarkan lebih dari sekedar tempat mencukur rambut yang berisi deretan kursi di hadapan cermin.

Barbershop yang kekinian menyediakan lounge yang cozy, ditemani alunan lagu yang menenangkan serta wangi aromaterapi yang membuat pelanggan semakin nyaman grooming di sini. Bahkan ada pula barbershop semi cafe yang menawarkan tempat ngopi yang asyik.

Kamu juga bisa membuat barbershop dengan model seperti ini sehingga pelanggan kamu akan betah menghabiskan waktu di sini.

3. Mempekerjakan barber berpengalaman

Tips yang ketiga adalah mempekerjakan barber yang berpengalaman. Kesuksesan bisnis ini tergantung pada keterampilan dan pengalaman barber yang kamu rekrut, karena akan berdampak pada kepuasan pelanggan.

Untuk itu, pilihlah barber yang berpengalaman dan menguasai skill potongan rambut model kekinian sehingga menarik hati pelanggan untuk selalu setia berkunjung.

Lebih dari keahlian teknis, mereka juga harus mampu bersikap ramah dan sopan ketika berinteraksi dengan para pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan puas dan mereka pun tidak ragu untuk kembali lagi serta merekomendasikan barbershop kamu pada orang-orang terdekat mereka.

4. Mempersiapkan peralatan yang lengkap

Tips yang keempat adalah mempersiapkan peralatan yang lengkap. Kamu harus menyiapkan peralatan yang lengkap dan bersih mutlak, diantaranya beberapa kursi barbershop, cermin ukuran 1×2 meter, buah meja dengan laci, serta setidaknya 1 unit AC.

Untuk peralatan mencukur sendiri, sediakan setidaknya dua set mesin cukur rambut lengkap dengan minyak pelumas, sepatu sisir, kuas, juga 2 set gunting seperti gunting sasak, gunting potong, gunting kumis, 2 buah pisau lipat isi ulang.

Selain itu, sediakan pula kuas muka, handuk kecil, jepitan plastik, kain penutup badan dan yang paling penting adalah katalog model rambut terbaru yang selalu di-update sesuai dengan tren.

5. Menyediakan ruangan yang nyaman

Tips yang kelima adalah menyediakan ruangan yang nyaman. Kenyamanan tempat merupakan hal penting. Sebab ketika pelanggan datang berkunjung, tentu akan ada proses dimana mereka harus menunggu giliran untuk dicukur rambutnya.

Maka dari itu, kamu harus menyediakan tempat yang nyaman agar pelanggan kamu nyaman untuk menunggu giliran mereka.

Lengkapi pula dengan beragam fasilitas seperti AC, air mineral gratis, televisi, dan WiFi. Namun perlu diingat, sesuaikan fasilitas dengan target pelanggan yang telah kamu tentukan.

Baik sobat blog, itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dalam memulai usaha barbershop. Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil