Segudang Tips Sukses Menjalankan Bisnis Minimarket Rumahan

Ingin memulai suatu bisnis tapi bingung mau menjalankan bisnis apa? Tenang, kami akan merekomendasikan salah satu bisnis yang cocok buat kamu jalankan dan jamin untung besar.

Bisnis itu adalah membuka minimarket rumahan. Minimarket rumahan merupakan salah satu usaha yang sangat menguntungkan. Terlebih lagi bagi kamu yang tinggal di suatu tempat yang jauh dari minimarket tentunya kamu tidak memiliki pesaing yang cukup signifikan sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan.

Untuk bisa menjalankan bisnis minimarket rumahan, usaha dapat dibangun pada skala kecil, menengah atau bahkan hingga skala besar. Hal ini tergantung pada jumlah modal yang kamu miliki.

Tertarik menjalankan bisnis ini? Berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan!

1. Menyiapkan Legalitas Usaha Terlebih Dahulu

Negara Indonesia merupakan negara hukum sehingga melakukan segala sesuatunya harus berdasarkan pada peraturan hukum yang ada.

Sama halnya ketika kamu ingin membuka sebuah usaha minimarket, tentunya harus mempersiapkan legalitas usaha terlebih dahulu.

Akan tetapi hal ini hanya berlaku pada usaha yang besar, karena untuk usaha kecil seperti minimarket rumahan kecil, kamu hanya membutuhkan surat izin usaha saja.

2. Menyiapkan Tempat

Untuk tempat usaha, pastikan bahwa minimarket kamu berada di tempat yang strategis. Contohnya di pinggir jalan, sehingga banyak pelanggan atau konsumen yang mengetahui letak bisnis yang kamu jalankan tersebut.

Selain memperhatikan tempat yang strategis, kamu pun juga harus memperhatikan dari segi ruangan yang ada di dalam minimarket. Pastikan bahwa ruangan tersebut nyaman bagi para pembeli.

3. Tata Layout Ruangan dengan Baik

Meskipun hal ini dianggap sepele, namun pada bagian konsep minimarket rumahan dan tata layout ruangan harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap beberapa peralatan yang nantinya akan digunakan. Misalnya saja seperti cooling box, kulkas untuk minuman, rak, maupun yang lainnya.

Begitu pula dengan tata letak dari setiap peralatan harus diperhatikan dengan baik supaya pelanggan tidak susah dalam mencari produk yang akan dibelinya.

4. Atur Modal dengan Sebaik Mungkin

Perlu diingat bahwa kamu memiliki keterbatasan modal pada saat ingin membangun sebuah usaha minimarket. Sebab itu kamu harus membelanjakan modal tersebut dengan sebaik mungkin.

Kamu harus menggunakan modal tersebut untuk hal-hal yang paling penting dan paling mendesak pada bisnis. Jangan asal menggunakannya beberapa bahan atau peralatan yang benar-benar penting untuk kamu gunakan pada bisnis minimarket tersebut.

5. Buatlah Spanduk yang Menarik Perhatian

Buat spanduk yang dijadikan sebagai ajang promosi untuk mengenalkan minimarket rumahan sederhana kamu kepada masyarakat luar, khususnya yang belum mengetahui usaha yang Anda jalankan tersebut.

Mengingat bahwa bisnis yang kamu jalankan tersebut adalah bisnis baru, dengan membuat spanduk secara tidak langsung akan menjadikan kamu lebih mudah dalam menarik konsumen.

Namun, kamu harus memperhatikan dari segi spanduk yang kamu gunakan. Pastikan bahwa spanduk tersebut mampu menarik perhatian para calon pembeli.

6. Jual Produk Kebutuhan Konsumen

Kamu harus menjual berbagai jenis produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen. Misalnya saja seperti kebutuhan mandi, kebutuhan memasak, kebutuhan dapur, kebutuhan pangan, ataupun yang lainnya.

Tidak ada masalahnya apabila kamu memberikan stok yang sedikit asalkan produk yang kamu tawarkan tersebut lengkap. Hal ini memiliki tujuan supaya calon pembeli yang datang ke minimarket kamu tidak dikecewakan karena produk yang dicarinya tidak ada.

7. Caril Agen Distributor yang Terbaik dan Terpercaya

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan pada saat ingin membuka minimarket tapi keterbatasan modal, kamu harus mencari agen distributor yang terbaik dan terpercaya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pencarian agen distributor yang memberikan harga produk lebih murah. Misalnya saja seperti di GrabKios. Kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah sehingga kamu bisa menjual produk dengan keuntungan yang lebih besar.

8. Jangan Lupakan Pelayanan

Pelayanan merupakan sangat penting untuk mendukung kesuksesan pada usaha minimarket rumahan yang kamu jalankan tersebut. Karena percuma apabila kamu membangun sebuah bisnis minimarket yang bagus, namun tidak memiliki sistem pelayanan yang menarik dan memuaskan. Hal itu tentunya akan menjadikan pembeli merasa dikecewakan, sebab itu kamu dapat merekrut karyawan yang sekiranya mempunyai pelayanan prima kepada para calon pembeli.

9. Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Barang

Untuk kuantitas dan kualitas barang terbagi menjadi dua hal yang perlu dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Apabila kamu ingin sukses dalam menjalankan usaha dalam bidang minimarket, salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu tanggal expired produk yang kamu jual.

Terlebih lagi apabila kamu menjual makanan maka kamu harus melakukan pengecekan expired dari makanan tersebut setiap harinya. Tujuannya yaitu jangan sampai kamu menjual produk yang sudah expired karena hal ini akan membuat nama minimarket Anda menjadi jelek di mata para pelanggan.

10. Area Parkir

Area parkir juga menjadi hal penting yang diperhatikan dan dipertimbangkan karena hal ini menyangkut segi kenyamanan para pembeli yang datang ke minimarket kamu. Sebaiknya kamu mempersiapkan area parkir yang luas supaya membuat pelanggan merasa nyaman ketika dirinya datang ke minimarket, terlebih lagi apabila pelanggan menggunakan mobil.

11. Sediakan Paket Belanja

Untuk bisa menarik perhatian para calon pembeli, kamu dapat melakukan berbagai jenis promo dan menyediakan paket belanja. Tujuannya yaitu supaya para pembeli lebih tertarik untuk menikmati paket belanja yang disediakan pada minimarketmu.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang beranggapan bahwa apabila belanja melalui paket belanja, maka akan lebih menghemat biaya pengeluaran.

12. Sediakan Tempat Duduk

Agar pembeli merasa lebih nyaman, maka kamu harus menyediakan tempat duduk pada bagian depan minimarket. Selain untuk bisa bersantai hal ini pun juga bisa membuat para pembeli merasa lebih nyaman ketika dalam segala kondisi. Misalnya sedang menunggu hujan, menunggu seseorang, menikmati makanan yang dibeli dari minimarket ataupun yang lainnya. Hal ini sepele, namun cara ini bisa membuat pelanggan merasa senang.

Oke sobat blog, itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bisnis minimarket rumahan. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan