Tips Sukses Memulai Cake & Bakery untuk Pemula

Tidak bisa dipungkiri, usaha cake and bakery adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan tidak ada matinya.

Meski adanya pandemi, tidak mempengaruhi keberlangsungan bisnis ini. Hal itu dikarenakan, kue merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.

Tak hanya itu, minat masyarakat yang tidak pernah surut untuk konsumsi kue menjadikan tombak utama keberlangsungan bisnis ini.

Tertarik untuk menjalankan bisnis cake and bakery? Ketahui beberapa tips sukses sebelum menjalankannya. Berikut ulasannya!

1. Pilih bahan yang berkualitas

Tips yang pertama adalah memilih bahan yang berkualitas. Dengan menggunakan bahan yang bekualitas akan menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat kue kamu memiliki rasa yang maksimal.

Percuma bukan jika resep yang kamu gunakan adalah resep yang enak tapi ternyata bahan yang kamu gunakan tidak mendukung. Contohnya, jika kamu membuat kue atau donat keju, namun kejunya tidak terasa seperti keju sungguhan maka rasa donat kamu tidak akan sesuai dengan ekspektasi dari konsumen kamu bukan?

Membuat makanan yang rasanya tidak sesuai dengan ekspektasi dari konsumen akan membuat pembeli kamu kapok untuk datang lagi.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan bahan yang terbaik untuk membangun kue kamu, ya!

2. Buat kue yang sedang trendi

Tips yang kedua adalah dengan membuat kue-kue yang sedang ngetrendi. Membuat kue yang sedang trendi akan membantu kamu mendapatkan perhatian yang lebih mudah dari calon konsumen kamu.

Cake yang trendi sudah pasti memiliki daya tarik lebih besar. Seperti jiggly cake dari Jepang, cheese garlic cake dan lain sebagainya. Membuat kue yang sedang trendi dapat menguntungkan karena dapat membuka jalan untuk bisnis kue yang sedang kamu bangun.

Membuat serta menawarkan cake yang trendi dapat menjadi pembuka memperkenalkan bisnis yang baik jika kamu bisa mengeksekusi resep cake ini dengan baik.

Dengan membuat cake trendi dengan baik, konsumen yang awalnya hanya ingin mencoba kue populer juga akan mencoba kue lain dari toko kamu.

3. Cari pastry chef untuk buat menu yang baru dan unik

Tips ketiga adalah mencari pastry chef untuk membuat menu baru dan unik. Seperti yang kita tahu, saat ini sudah sangat banyak toko kue yang berbeda tapi punya menu yang sama.

Jika kamu ingin toko kue kamu beda dari yang lain, maka kamu bisa membuat produk kamu sendiri untuk pembeda.

Kamu dapat membuat kreasi sendiri jika kamu sudah cukup mahir di dapur, atau kamu juga bisa menyewa jasa pastry chef untuk membantu kamu membuat menu untuk toko kue kamu.

Jika kamu ingin membuat menu yang baru dan unik, kamu dapat menggunakan tenaga dari pastry chef. Pasalnya, mereka sudah terbukti ahli pada bidangnya dan memiliki kreativitas yang tinggi.

Meski pun akan mengeluarkan budget yang cukup tinggi, namun cake yang dibuat dengan jasa pastry chef akan membantu kamu untuk mendapatkan produk yang berkualitas.

Selain itu, konsumen kamu juga tidak akan kecewa dengan produk kamu meski mereka harus membayar lebih banyak, loh!

4. Buat promosi menarik

Tips keempat adalah membuat promosi yang menarik. Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha. Terutama saat kamu baru memulai bisnis kamu.

Promosi akan membantu kamu memperkenalkan merk usaha kamu kapada para konsumen dan membuat mereka tahu kualitas produk kamu.

Promosi ini akan membuat lebih banyak orang menjajal produk kamu di awal pembukaan bisnis. Kamu dapat membuat promosi 50% off atau BUY 1 GET 1 untuk menarik perhatian.

Jika kamu yakin bahwa produk kue kamu memang yang terbaik, maka promosi ini akan sangat bermanfaat untuk mencari konsumen.

Pasalnya, jika kue yang kamu jual enak, maka promosi ini akan mendatangkan return yang memuaskan.

Mereka yang awalnya hanya mencoba-coba akan datang lagi untuk membeli jualan kamuu jika rasanya berkualitas.

5. Buat konsep bakery & cake café

Tips yang tidak kalah penting adalah membuat konsep bakery & cake café. Konsep ini merupakan salah satu konsep yang menarik untuk memulai usaha cake and bakery.

Tidak banyak tempat kue yang menyediakan area makan di tempat. Maka dari itu, kamu dapat membuat usaha baru kamu ini menjadi usaha yang menarik perhatian.

Seperti di luar negeri, yakni Korea Selatan, ada banyak sekali toko kue yang menyediakan tempat makan di tempat untuk konsumen mereka. Tempat ini biasanya menyediakan kue-kue potongan untuk bisa disantap di tempat.

Bukan hanya itu, jika kamu membuka cafe cake and bakery ini, kamu juga bisa menjual minuman untuk konsumen kamu.

Minuman yang inovatif dan lezat  ini juga bisa membawa keuntungan besar buat usaha kamu. Jika kamu beruntung, kamu bisa membuat cafe cake and bakery kamu sukses dengan konsep ini.

6. Buat interior sesuai dengan konsep

Tips keterakhir adalah membuat interior sesuai dengan konsep. Perlu kamu tahu, bagi konsumen rasa makanan yang enak masih kurang jika tidak disertai dengan tempat yang nyaman dan menarik untuk berfoto.

Maka dari itu, kamu kamu tidak boleh menyepelekan desain interior pada bisnis toko kue kamu, ya.

Selain untuk membuat konsumen merasa nyaman, foto-foto interior yang menarik juga bisa menjadi daya tarik untuk konsumen yang belum tahu produk dan bisnis kamu.

Nah, itulah beberapa tips sukses menjalankan bisnis cake and bakery. Bagaimana, apakah kamu tertarik menjalankan bisnis ini? Komen di bawah ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil