Tips Sukses Memulai Bisnis Hotel di Area Wisata

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan wisata sangat diminati oleh banyak orang saat ini. Adanya pariwisata bukan hanya berdampak baik bagi orang yang melakukan perjalanannya, tetapi juga bagi orang yang memanfaatkan peluang.

Salah satu peluang yang bagus dari adanya pariwisata ini ialah membuka bisnis penginapan atau hotel disekitar area wisata.

Jenis usaha dibidang pariwisata yang satu ini sangat dibutuhkan oleh para wisatawan yang melakukan perjalanan jauh.

Sudah pasti jika wisatawan akan mencari penginapan untuk ditempati beberapa waktu selama liburan.

Apalagi penginapan yang berada di sekitaran tempat wisata sangat diminati oleh para wisatawan.

Hal tersebut berkaitan dengan jarak penginapan menuju tempat wisata yang terjangkau sehingga memudahkan wisatawan.

Namun itu, kamu perlu mengetahui beberapa tips sukses untuk memulai bisnis penginapan atau hotel ini. Berikut beberapa tipsnya!

Tips Memulai Bisnis Hotel

1. Lakukan Riset Mengenai Target Market

Sebelum bisnis hotel, kamu perlu melakukan riset terhadap target market yang kamu tuju. Jika kamu mendirikan bangunan hotel di area wisata, maka secara otomatis kamu akan menyasar para wisatawan yang berwisata ke daerah tersebut.

Lalu tentukan pula golongan yang kamu tuju, misalnya saja bagi para backpacker yang memiliki dana terbatas atau kalangan wisatawan menengah maupun atas yang tidak terbatas akan dana.

Nantinya hal ini akan berguna untuk menentukan fasilitas apa saja yang tersedia di dalam hotel. Begitu pula dengan interior maupun exterior dari bangunan hotel. Sehingga penentuan target market yang jelas akan membantu kamu untuk masuk ke tahapan selanjutnya.

 

2. Pemilihan Lokasi

Setelah menentukan siapa target yang kamu sasar, maka saatnya menentukan lokasi yang akan kamu gunakan untuk mendirikan bisnis hotelmu.

Bisnis kamu akan menghasilkan peluang yang bagus ketika pemilihan lokasimu tepat. Jadi, jangan terburu-buru pada saat memilih lokasi dan jangan langsung membeli properti jika kamu masih mempertimbangkannya.

Intinya, jangan terburu-buru saat mengambil keputusan, lihat terlebih dahulu harga yang ditawarkan serta letak lokasi.

Jika harga yang ditawarkan sudah cocok dan lokasinya juga strategis, maka kamu bisa mengambilnya. Namun pastikan juga jika harga sesuai dengan target pasar yang kamu sasar.

3. Pastikan Mendirikan Bangunan yang Berkualitas

Jika kamu sudah memiliki tanah, maka pastikan kamu mendirikan bangunan hotel yang berkualitas.

Pastikan struktur bangunan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan yakni kuat, kokoh dan stabil, sehingga dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

Bukan tanpa maksud, hal tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung, setiap bangunan gedung haruslah memiliki struktur yang kuat, kokoh, dan stabil dalam memikul beban.

Jangan lupa pula untuk mengurus Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk memastikan bahwa bangunan hotel tersebut sudah laik fungsi.

Jadi, pengunjung ataupun staff hotel dapat terjamin keselamatannya selama menggunakan bangunan hotel sesuai dengan fungsinya.

4. Rencanakan Desain Interior dan Exteriornya

Tips memulai bisnis hotel selanjutnya ialah dengan merencanakan desain interior maupun exterior semenarik mungkin.

Pastikan bahwa kamu menggunakan jasa desain dan perencanaan yang profesional untuk mendesainnya. Pilihlah desain yang unik dan instagramable untuk menarik perhatian para pengunjung.

Saat ini banyak sekali hotel ataupun penginapan yang memiliki desain interior dan exterior yang unik dan estetik. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor banyak pengunjung yang menyewa hotel tersebut. Sediakan juga berbagai fasilitas lengkap sebagai penarik, sehingga para tamu nyaman menginap di hotel Anda.

5. Tentukan Harga

Pastikan bahwa kamu memasang harga yang realistis dan terjangkau. Sesuaikan juga dengan target pasar yang kamu bidik dan fasilitas yang ada di hotel.

Pemasangan harga terjangkau sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan menjadi salah satu pertimbangan yang paling penting bagi para wisatawan untuk menginap di hotel kamu.

Tawarkan harga yang realistis dan terjangkau namun tetap memberikan kamu keuntungan meskipun sedikit.

6. Rekrut Karyawan yang Berkualitas

Bisnis perhotelan merupakan salah satu jenis usaha yang sangat mengutamakan pelayanan. Selain menyediakan fasilitas yang lengkap, pelayanan yang berkualitas juga menjadi penentu keberhasilan bisnis hotel di lingkup persaingan yang semakin ketat.

Pastikan bahwa bisnis hotel ataupun penginapan kamu memiliki pelayanan yang berkualitas, sehingga dapat bertahan meskipun mulai banyak pesaing yang bermunculan.

Pelayanan yang baik tersebut datang dari karyawan hotel yang berkualitas. Maka dari itu,  pastikan bahwa kamu merekrut karyawan pilihan yang profesional dalam bidang perhotelan sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima terhadap para pengunjung hotel.

7. Strategi Pemasaran Hotel

Bisnis hotel akan memberikan peluang yang bagus ketika kamu memiliki strategi pemasaran yang tepat. Kamu bisa menggunakan berbagai strategi untuk memasarkan bisnismu tersebut.

Misalnya saja dengan memberikan promo menarik seperti potongan harga dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mengunakan influencer (selebgram, youtuber, dll) untuk mempromosikannya.

Itulah seputar informasi mengenai tips sukses memulai bisnis hotel. Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil