Ingin Sukses Menjankan Bisnis Jual Beli Mobil Bekas? Lakukan Hal Ini

Jumlah mobil di Indonesia semakin banyak, terlebih di kota-kota besar. Bagaimana tidak, masyarakat yang kian sibuk membuat lancarnya mobilitas menjadi hal yang sangat perlu untuk diterapkan.

Tak heran, jika saat ini peminat mobil di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Namun, harga mobil juga terbilang cukup mahal, belum lagi pajaknya yang harus dibayarkan nantinya.

Maka dari itu, banyak orang yang lebih memilih membeli mobil bekas dibandingkan mobil yang baru. Hal ini pun menjadikan menjual mobil bekas menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak kalah menarik dari bisnis lainnya.

Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis mobil bekas. Meski terlihat mudah, tapi sebenarnya susah. Lantas, apa saja sih tipsnya? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Pilih Mobil yang Peminatnya Banyak

Tips yang pertama adalah menjual mobil yang memang banyak diminati pasar. Dengan begitu, maka bisnis kamu akan berjalan dengan lancar.

Namun jika kamu menjual mobil yang kurang diminati, tentu saja bisnismu tak akan berjalan baik, bahkan berisko merugi.

Jika kamu ingin mengetahui, apa saja mobil yang paling banyak diminati, kamu dapat memperhatikan mobil-mobil yang ada di sekitar lingkungan kamu.

Biasanya, masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan mobil-mobil asal Jepang ketimbang Eropa, karena spare partnya mudah dicari dan layanan after salesnya lebih banyak ditemukan.

Selain itu, kamu bisa memilih mobil yang tidak terlalu tua, karena jika mobil sudah tua perawatannya juga akan jauh lebih besar.

2. Percantik Kembali Mobil yang Ada

Kamu dapat membeli mobil yang tidak terlalu bagus tampilannya, tapi dengan mesin yang kondisi masih bagus. Setelah itu, cobalah untuk memperbaikinya dengan mempercantik kembali mobil tersebut. Misalnya kamu melakukan perbaikan pada body mobil seperti dicat ulang dan mengganti bannya.

Dengan begitu, maka kamu bisa menawarkan mobil tersebut dengan harga yang lebih tinggi kepada pelanggan.

3. Perhatikan Kelengkapan Surat-Suratnya

Selain memperhatikan body dan mesin, kamu juga kamu harus mengecek bagaimana kelengkapan surat yang ada.

Tentu saja, konsumen tidak akan rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli mobil batangan, alias tanpa adanya surat-surat seperti STNK atau BPKP.

Agar lebih menarik pelanggan, kamu bisa menawarkan jasa balik nama surat kendaraan kepada mereka. Kamu pun dapat mengambil keuntungan lagi dari jasa tersebut, loh.

4. Jangan Menggunakan Makelar Saat Membeli

Jika kamu nantinya sudah menjalankan bisnis jual beli mobil ini, kamu akan sering bertemu dengan para makelar, loh.

Perlu kamu ketahui, jika kamu beli mobil melalui makelar, maka harga yang mereka tawarkan termasuk tinggi. Selain itu, kamu juga tidak bisa langsung melihat mobil yang ingin kamu jual kembali.

Maka, sebaiknya beli langsung mobil dari pemiliknya, kamu bisa mencari orang-orang yang sedang membutuhkan uang, karena biasanya ia akan menawarkan harga lebih murah.

Jika sudah melihat secara langsung bagaimana kondisi mobil, tentu kamu akan lebih mudah memperkirakan berapa harga yang bisa kamu jual dan berapa keutungannya.

5. Pastikan Modalnya Cukup

Tips jual beli mobil bekas yang terakhir adalah, kamu harus memiliki manajemen keuangan yang baik.

Tidak hanya dalam perkara jual beli mobil bekas, tetapi juga pada bisnis lain hal ini termasuk penting.

Dengan memiliki keuangan yang baik, maka kamu akan lebih mudah mengembangkan bisnis dan melakuan ekspansi ke pasar yang lebih luas.

Jangan lupa untuk melihat modal yang kamu miliki dan pastikan semuanya mencukupi untuk biaya maintenance, mengurus surat-surat dan lainnya.

Oke sobat, demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memulai bisnis jual beli mobil bekas. Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan