7 Tips Sukses Memulai Bisnis Cafe, Untung Besar

Peluang bisnis di dunia kuliner seakan tidak ada matinya dan akan terus berkembang. Ada banyak pilihan kuliner yang bisa dikembangkan sebagai sebuah bisnis yang memiliki keuntungan besar dan sangat menjanjikan. Salah satunya yang sedang digemari saat ini adalah membangun bisnis cafe.

Bisnis cafe yang menjamur, banyak disukai oleh para pelanggan terutama dikalangan anak muda. Cafe menjadi salah satu tempat untuk nongkrong bersama teman-teman ataupun sekadar duduk sendirian menikmati secangkir kopi.

Kamu dapat memilih bisnis yang satu ini, terlebih jika di tempat kamu tinggal belum terdapat cafe atau tempat nongkrong sejenis.

Lantas bagaimana cara memulai bisnis cafe ini dan apa saja tips sukses yang harus dilakukan untuk bisnis satu ini? Untuk menemukannya jawabannya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Tips pertama yanh harus kamu lakukan adalah memilih lokasi yang strategis. Berada di lokasi yang ramai dan dekat dengan akses jalan raya akan menjadi kelebihan yang tersendiri sehingga cafe mudah untuk ditemukan.

Jangan lupa untuk menyiapkan tempat yang nyaman bagi para pengunjung cafe. Contohnya dengan dilengkapi tema-tema tertentu ataupun dengan tambahan tanaman hijau yang akan membuat café kamu tampak lebih sejuk.

2. Melengkapi Bisnis Cafe dengan Lesehan yang Nyaman

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kenyamanan menjadi bagian yang penting bagi pengunjung, kamu juga bisa melengkapi cafe dengan pilihan duduk lesehan.

Pisahkan bagian lesehan ini dari bagian lainnya yang menggunakan meja dan kursi, kamu juga bisa menambahkan bantal atau bean bag di bagian lesehan ini.

3. Hias Cafe Semenarik Mungkin

Tips ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan dekorasi yang unik dan Instagramable. Di era digital seperti saat ini, cafe tidak hanya dijadikan sebagai tempat nongkrong dan minum, tapi juga sebagai tempat selfi.

Jadi, cafe yang memiliki dekorasi unik pastinya akan lebih disukai dibandingkan dengan cafe yang memiliki dekorasi sederhana.

Pilihlah tema tertentu dan dekor cafe yang dengan sesuai tema tersebut agar tampak cantik sebagai background foto di Instagram.

4. Menyediakan Menu yang Menarik

Tips yang keempat adalah menyediakan menu yang menarik. Biasanya, setiap cafe memiliki menu andalan yang berbeda dengan cafe-cafe lainnya. Maka dari itu, kamu juga harus mempertimbangkan hal ini untuk diterapkan di bisnis kamu.

Utamakan rasa yang lezat, unik, serta tampilan yang menarik untuk pengunjung tertarik dan kesempatan untuk kembali semakin besar.

5. Beli Bahan Baku secara Grasir

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa membeli bahan baku yang dibutuhkan secara grosir. Semakin banyak bahan yang dibeli, maka akan semakin murah pula harga yang kamu dapatkan.

Pembelian secara grosir juga dilakukan untuk menyiasati kehabisan bahan baku sewaktu-waktu. Kamu dapat menjaga stok barang dan saat pengunjung ramai kamu tidak perlu khawatir kehabisan bahan baku makanan dan minuman.

6. Strategi Marketing yang Tepat

Marketing atau pemasaran menjadi bagian yang paling penting dalam suatu bisnis, termasuk dalam bisnis cafe. Kamu harus membuat strategi marketing yang tepat agar bisnis dapat terus berjalan lancar.

Kamu dapat melakukan analisis pasar ataupun membuat marketing plan dalam rangka membuat strategi yang tepat ini.

7. Kelola Keuangan Bisnis Cafe dengan Baik

Tips yang keterakhir adalah mengelola keuangan bisnis dengan baik. Pengelolaan bisnis ini menjadi bagian yang sangat penting dalam bisnis.

Jangan sampai laba yang diterima lebih sedikit padahal omzetnya besar. Jangan lupa juga pisahkan dana pribadi dengan pendapatan di cafe.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu lakukan jika ingin memulai bisnis cafe. Semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil