Rekomendasi 5 Ide Bisnis Terbaik Untuk Mahasiswa

Pandemi Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa kuliah dari rumah, ternyata memberikan sejumlah peluang untuk membuka usaha di tengah pesatnya promosi digital.

Bagi mahasiswa, menjalankan bisnis tidak sekedar mencari uang saku tambahan, tetapi juga untuk mengasah keterampilan berbisnis. Terlebih buat kamu mengambil jurusan bisnis. Kamu dapat mulai bisnis sendiri atau mengajak teman-teman kamu lainnya untuk membangun bisnis bersama.

Nah, buat kamu yang bingung mau memulai bisnis apa, berikut beberapa ide bisnis yang cocok di jalankan mahasiswa di waktu luang kuliah.

1. Bisnis Online Shop

Rekomendasi bisnis yang pertama adalah online shop. Pada bisnis ini, kamu dapat menjual berbagai macam barang, seperti pakaian, tas, sepatu, dan sebagainya. Jika memulai bisnis ini, kamu tidak hanya menawarkannya kepada orang yang kamu kenal, tetapi juga kepada orang-orang yang ada di dunia maya.

Ada beberapa situs jual beli yang dapat kamu manfaatkan untuk menjual barang milik mu pribadi ataupun milik orang lain. Jika tidak memiliki barang, kamu dapat menjual barang dari beberapa situs reseller maupun dropship.

Jadi, modal yang kamu butuhkan tidak banyak, tetapi hasilnya lumayan, tergantung seberapa tekun kamu menjalankan bisnis ini.

2. Bisnis Menjadi Penulis Lepas

Rekomendasi bisnis selanjutnya adalah bisnis menjadi penulis lepas. Jika kamu suka menulis dan mempunyai kemampuan untuk menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, menjadi penulis lepas adalah salah satu bisnis yang sangat cocok untuk kamu.

Bisnis ini nyaris tidak memerlukan modal, karena yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi. Tak hanya itu, bisnis ini dapat kamu lakukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus ada paksaan waktu.

Bentuk tulisan yang ditawarkan juga sangat bervariasi, contohnya artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif seperti puisi dan cerpen.

3. Bisnis Menjual Barang Bekas (Preloved)

Rekomendasi bisnis selanjutnya adalah menjual barang bekas (preloved). Preloved merupakan salah satu bisnis yang sedang tren saat ini. Sebab, banyak orang yang lebih berminat untuk berbelanja barang bekas daripada produk baru.

Kamu dapat memanfaatkan ide bisnis ini jika memiliki barang-barang yang sedang tren dan banyak dicari orang. Hanya dengan memasarkan melalui media sosial atau teman-teman kamu membuat bisnis prelovedmu ajan cepat berkembang.

4. Menjual Buku Bekas

Rekomendasi bisnis selanjutnya adalah menjual buku bekas. Setiap mahasiswa pasti membutuhkan buku-buku akademik untuk menambah wawasannya. Hal inilah yang membuat menjual buku bekas adalah salah satu pelung bisnis yang sangat menjanjikan di kalangan mahasiswa.

Mahasiswa lebih suka membeli barang dengan harga murah, sehingga menjual buku bekas dengan harga lebih murah tanpa mengorbankan fungsinya akan laris di kalangan mahasiswa.

Kamu dapat memperoleh buku-buku bekas dengan cara mengumpulkan buku-buku kakak tingkat yang sudah tidak dibutuhkannya lagi. Kemudian menjual kembali buku bekas tersebut kepada para mahasiswa yang memerlukan.

5. Menjual pulsa dan paket data internet

Rekomendasi bisnis yang keterakhir adalah menjual pulsa dan paket data internet. Hampir setiap orang pasti menggunakan smartphone. Khususnya mahasisiwa pasti memerlukan smartphone dan paket data untuk menunjang perkuliahannya. Hal itulah yang menjadikan bisnis pulsa dan paket data sangat menjanjikan untuk peluang usaha dengan modal kecil.

Membuka usaha pulsa dan paket data di kalangan mahasiswa berpotensi akan memiliki keuntungan yang menjanjikan. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal besar, hanya bermodalkan smartphone dan voucher paket data saja, kamu sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini.

Demikian beberapa ide bisnis yang cocok dilakukan oleh mahasiswa. Meski masih mahasiswa, kamu dapat mencari penghasilan tambahan dengan menjalankan usaha-usaha di atas. Bagaimana, apakah kamu tertarik menjalankan salah satu bisnis di atas? Ketik di kolom komentar yah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil