7 Tips Sukses Memulai Bisnis Kos-Kosan

Di zaman yang semakin maju, banyak generasi milenial yang mulai mencari tahu hal-hal seputar investasi untuk pemula. Entah itu saham, deposito, emas, atau bahkan properti.

Dari jenis-jenis investasi di atas, salah satu yang banyak dilirik adalah bisnis sewa properti, yang dianggap memiliki prospek cerah di masa depan.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang mencari tempat tinggal sementara seperti kos-kosan, rumah kontrakan, ataupun sejenisnya. Mengingat, banyaknya orang yang merantau, entah untuk belajar atau untuk berkerja.

Nah, jika kamu berniat memulai bisnis ini kamu harus mengetahui beberapa tips untuk memulai bisnis ini. Yuk ikuti ulasan berikut!

Tips Memulai Bisnis Kos-kosan

1. Memilih bangunan yang tepat

Hal yang pertama adalah memilih bangunan yang tepat. Baik membangun sendiri atau membeli yang sudah jadi, pastikan bahwa kondisi bangunan kos-kosan kamu layak untuk ditempati, sehingga kamu tidak perlu melakukan renovasi ulang.

2. Mengenal jenis properti

Hal yang kedua adalah mengenali jenis properti. Sebelum memutuskan membuat kos-kosan, kenali lebih dulu properti kamu, apakah bangunan tersebut cocok bila dijadikan sebagai rumah kost atau tidak. Mengingat, kos-kosan membutuhkan banyak kamar dengan ukuran standar dan fasilitas. Maka dari itu, pertimbangkan dengan baik jenis propertimu.

3. Bangun dengan konsep unik

Hal yang ketiga adalah membangun kos-kosan dengan konsep yang unik. Strategi bisnis kos-kosan untuk menarik minat para calon penghuni, akan lebih baik jika kamu membangun rumah kost dengan desain yang menarik dan unik.

Hunian dengan konsep industrial dan minimalis akhir-akhir ini banyak diminati para remaja karena dianggap aesthetic.

4. Pilih lokasi strategis

Hal yang keempat adalah memilih lokasi yang strastegis, misalnya dekat sekolah, kampus, atau perkantoran. Semakin strategis lokasi kos-kosan kamu, maka akan semakin banyak pula calon penghuni yang mengincarnya.

5. Tampak bersih dan terawat

Hal yang kelima adalam menjaga kebersihan di lingkungn sekolah kos-kosan.

Calon penghuni cenderung akan menyukai rumah kost yang memperlihatkan hawa bersih dan indah. Untuk itu, kebersihan adalah hal sangat penting untuk menarik mereka.

6. Memiliki fasilitas yang layak

Hal yang keenam adalah memberikan fasilitas yang layak. Harga rumah kost biasanya sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Fasilitas umum dan layak standar rumah kost setidaknya kasur, lemari pakaian, meja dan kursi. Dan ada pula rumah kos yang menawarkan kamar mandi dalam dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV hingga water heater.

7. Menetapkan harga sewa bersaing

Cara yang keterakhir adalah menetapkan harga sewa bersaing. Sembelu menetapkan harga, kamu bisa melakukan riset kompetitor terlebih dulu. Riset ini meliputi, fasilitas, kondisi hingga harga.

Jika rumah kos kamu memiliki fasilitas lengkap maka bisa mematok harga yang lebih tinggi di banding harga kos yang hanya meberikan fasilitas seadanya.

Demikian ulasan mengenai tips yang perlu kamu ketahui sebelum memulai bisnis rumah kos-kosan. Bagaimana, apakah ulasan kami di atas cukup membantu kamu? Komen di bawah yah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil