Ingin Memulai Bisnis Skincare? Berikut Tipsnya

Setiap orang pasti menginginkan kulit muka yang glowing. Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang demi perawatan di klinik kecantikan dan membeli produk-produk skincare yang ternama.

Hal inilah yang membuat menjual produk skincare merupakan peluang bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan besar jika dipraktikkan secara serius.

Mungkin sebagian orang berfikir bahwa membuka bisnis skincare membutuhkan banyak modal. Namun ternyata, kamu dapat membuka bisnis ini dengan modal yang minim. Jika belum sanggup membuka toko sendiri, kamu dapat menjual produk skincare yang dijual orang lain. Dan kamu dapat membuka sendiri saat modal kamu sudah terkumpul.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang usaha skincare, berikut beberapa tips memulai bisnis skincare. Yuk ikuti ulasan kami di bawah ini!

1. Menentukan jenis bisnis

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jenis bisnis apa yang akan kamu jalanankan. Apakah dropship atau ingin membuat produk skincare sendiri. Untuk modal yang termurah, kamu bisa memulainya dari dropship.

Namun, jika kamu ingin memulainya dengan modal yang cukup besar dan meracik bahan-bahan sendiri, kamu bisa memproduksi skincare dengan nama brandmu sendiri. 

2. Riset pasar

Hal yang kedua adalah riset pasar. Seperti yang kita tau, sudah banyak orang yang menjual produk skincare. Maka dari itu, kamu harus memutar otak supaya produk skincare kamu nantinya berbeda dengan yang sudah ada. Untuk itu, kamu perlu melakukan riset bisnis.

3. Membuat produk

Hal yang ketiga adalah membuat produk. Kamu tidak harus memiliki pengetahuan tentang bahan yang digunakan untuk membuat produk skincare. Yang perlu kamu lakukan adalah bekerja sama dengan orang yang ahli untuk mengerjakannya, misalnya ahli farmasi atau dokter spesialis kecantikan. Dari sini kamu bisa mengembangkan produk yang akan diminati oleh pasar.

4. Menetapkan target pasar

Siapa yang akan membeli produk kamu? Apakah wanita atau pria? Apakah mereka berumur 20-an atau yang 30 tahun ke atas? 

Dengan menentukan target pasar, kamu bisa menciptakan produk yang sesuai karena bahan-bahan yang diperlukan juga berbeda. Di masing-masing umur, pembeli membutuhkan skincare yang tentunya berbeda. 

Kamu juga perlu membedakannya dari tipe jenis kulit seperti kulit kering dan berminyak. Paling bagus jika menyediakan keduanya, sehingga target pasarnya luas.

5. Membuat nama brand

Buat kamu yang ingin membuat produk sendiri, nama brand adalah sebuah keharusan. Semakin terkenal nama brand kamu, maka akan semakin banyak pula peluang keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Pilih nama brand yang mencirikan produk kamu. Pilih kata yang sederhana agar brand kamu gampang diingat. Sebagai referensi, kamu bisa melihat nama-nama brand produk skincare yang sudah hadir di pasaran.

6. Tentukan kemasannya

Coba kamu perhatikan kemasan untuk produk skincare. Mereka menggunakan kemasan yang sederhana, tapi mencirikan brand mereka. Selain itu, jangan lupa pikirkan juga kualitas dari kemasan tersebut. Kemasan yang bagus akan menjaga kualitas dari produk kamu.

Kamu harus mencantumkan tanggal kadaluarsa di kemasannya. Misalnya, produk hanya bisa digunakan sampai tahun 2022. 

7. Pahami izin edar

Bisnis skincaremu wajib memiliki izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM. Dengan memiliki izin BPOM, produk kamu akan lebih terpercaya dan masyarakat tidak takut untuk memakainya.

8. Jualan secara online

Hal yang paling bagus dalam jual skincare adalah secara online. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menemukan pembeli. Kamu juga bisa membuka toko online di situs web atau membuka toko lewat marketplace. 

8 cara memulai bisnis di atas, bisa kamu terapkan supaya bisnis skincare yang ingin kamu jalankan bisa berjalan dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil