Tips Memulai Bisnis Online Anti Gagal

Tips Memulai Bisnis Online Anti Gagal

Bisnis merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya yang sangat beragam.

Banyak jenis bisnis yang baru-baru ini digeluti oleh masyarakat, mulai dari bisnis makanan, minuman, properti, travel, jasa foto, menjahit, dan masih banyak pilihan bisnis yang lainnya.

Secara umum, bisnis dapat dilakukan secara langsung atau pun dengan memanfaatkan media internet, seperti facebook, twitter, instagram, dan akun media sosial lainnya.

Namun, yang paling banyak dijalani oleh masyarakat adalah jenis bisnis online karena selain dapat di lakukan dimana saja, bisnis yang satu ini juga tidak memerlukan tempat yang luas, sehingga dapat menghemat biaya sewa gedung.

Akan tetapi, untuk menjaga agar bisnis online yang kita geluti dapat menghasilkan cuan, ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum memulai bisnis online.

Penasaran apa saja itu? Yuk kita bahas.

Tips Memulai Bisnis Online Anti Gagal

Tips Memulai Bisnis Online Anti Gagal

1. Cari Tahu Apa yang Tengah Dibutuhkan Pasar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis online adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu produk yang tengah semarak di pasaran.

Hal ini bertujuan agar bisnis kalian dapat memenangkan pasar, karena dengan kalian menjual jenis produk yang sedang dibutuhkan dipasaran, maka bisnis yang kalian lakukan akan semakin cepat berkembang.

2. Melakukan Riset Pasar

Setelah kalian menentukan jenis produk yang paling banyak dicari di pasaran, maka selanjutnya kalian harus melakukan riset pasar.

Riset pasar dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah permintaan akan produk yang ingin kalian pasarkan, sehingga dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan kalian jika ingin menjual suatu produk.

Untuk mempermudah kalian dalam melakukan riset pasar, kalian dapat memanfaatkan Google Trends dalam melihat statistik data dari produk/jasa yang tengah tren tersebut, karena pada umumnya data statistik di Google Trends menunjukkan seberapa sering pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencarian.

3. Memilih Produk yang Akan Dijual Secara Online

Nah, setelah kalian melakukan riset pasar, maka langkah selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan menentukan jenis produk yang akan kalian jual secara online.

Namun, sebelum kalian benar-benar nmemutuskan untuk memilih suatu produk, ada baiknya jika kalian menyeimbangkan dulu pilihan tersebut dengan berbagai peluang dan risikonya.

Menentukan Target Konsumen

Setelah kalian menentukan jenis produk yang ingin kalian jual, maka penting bagi kalian untuk menentukan target konsumen.

Disini, kalian dapat mempertimbangkan aspek gender, tingkat ekonomi, usia, wilayah tempat tinggal, dan sebagainya.

Perlu kalian ketahui bahwa Semakin detail dan mengerucut target pasar Anda, maka semakin mudah Anda menyasar mereka.

4. Pilih Model Bisnis

Langkah berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk memulai bisnis online adalah dengan memilih model bisnis yang akan kalian terapkan.

Memilih model bisnis adalah sebuah tips yang harus kalian jalani dalam memulai bisnis online yang berikutnya.

Misalnya saja, jika kalian ingin membuka bisnis online shop, namun tidak punya uang untuk melakukan stok barang. Jika begini kondisinya, cara bisnis online shop tanpa modal adalah dengan memilih bisnis model dropshipping/reselling.

5. Lakukan Promosi

Langkah berikutnya yang dapat kalian lakukan jika ingin menjalani bisnis online adalah dengan melakukan promosi produk.

Ada begitu banyak jenis metode promosi produk secara gratis maupun berbayar yang dapat kalian coba, mulai dari strategi organik, SEM, SEO, hingga Social Media Ads.

Nah, jika kalian ingin memasarkan produk lewat website, maka strategi SEO, SEM, Google My Business, hingga Google Ads dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk kalian coba.

Namun, jika produk Anda hanya dipromosikan lewat sosial media saja, kalian dapat memanfaatkan konten promosi, pemanfaatan copywriting, iklan Ads hingga strategi lain seperti giveaway, paid promote, dan sebagainya.

6. Pertahankan Pelanggan Setia

Tips berikutnya yang dapat kalian coba dalam memulai bisnis online adalah dengan mempertahankan pelanggan setia.

Selain gencar mencari pelanggan yang baru, disini kalian juga harus tetap menjaga konsumen yang telah berlangganan dalam kurun waktu yang lama dengan kalian.

Ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kesetiaan para pelanggan yang kalian miliki, seperti memberikan diskon, menawarkan harga promo, bertanya kabar, hingga pemberian bonus tak terduga.

7. Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Tips berikutnya yang dapat kalian coba untuk meningkatkan bisnis online yang kalian punya adalah dengan melakukan evaluasi secara rutin dan berkala.

Evaluasi ini bertujuan untuk melihat keadaan bisnis yang sedang kalian jalani, apakah sudah mengalami kemajuan atau belum mengalami perkembangan sama sekali.

Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan kalian dalam mengambil keputusan yang tepat untuk dapat memajukan bisnis yang sedang kalian tekuni.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian coba untuk memajukan bisnis online yang sedang kalian tekuni, sehingga bisnis akan lebih berkembang dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil