Tips Menjalankan Bisnis Ikan Lele Rumahan Yang Menguntungkan

 

Tips Menjalankan Bisnis Ikan Lele Rumahan Yang Menguntungkan

Halo…Buat kalian yang ingin memulai bisnis namun masih bingung ingin melakukan jenis bisnis apa, maka bisnis ikan lele di rumah bisa menjadi salah satu usaha yang wajib kamu coba.

Ya, kita semua tahu bahwa ikan lele memiliki rasa yang lezat serta mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein dan vitamin B-12.  Tak heran, ikan yang satu ini banyak dibudidayakan untuk di pasarkan.

Bisnis ikan lele merupakan salah satu usaha yang cukup mendatangkan cuan atau keuntungan yang menjanjikan.

Bisnis yang satu ini juga dapat dikategorikan sebagai usaha yang sangat ramah untuk kalian yang baru memulai usaha.

Selain itu, kamu juga tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankan bisnis ikan lele, yang kalian butuhkan hanya ketekunan serta keseriusan karena kamu harus berhadapan dengan bau amis setiap harinya.

Pada umumnya bisnis ikan lele sering dibuat di lahan terbuka, seperti sawah. Namun kamu tidak perlu khawatir, ternak lele juga dapat dilakukan di rumah kamu sendiri.

Kamu dapat memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat untuk memulai bisnis ikan lele.

Pada umumnya bisnis ikan lele untuk pemula yang cocok adalah dengan melakukan bisnis ikan lele rumahan terlebih dahulu.

Na, pada kali ini kita akan membahas mengenai tips menjalankan bisnis ikan lele rumahan yang menguntungkan. Apa saja itu? Mari kita bahas.

Tips Menjalankan Bisnis Ikan Lele Rumahan Yang Menguntungkan

1. Membuat Kolam Lele

Untuk tips menjalankan bisnis ikan lele rumahan yang menguntungkan yang pertama adalah membuat kolam ikan lele nya terlebih dahulu.

Tips Menjalankan Bisnis Ikan Lele Rumahan Yang Menguntungkan

Jika kamu sudah memiliki kolam ikan yang tak terpakai, kamu bisa membudidayakan ikan lele di sana, namun kamu juga bisa membuat kolam sederhana dari terpal yang cara membuatnya cukup simpel.

Pada umumnya, Kolam lele yang baik harus memiliki suhu 20 hingga 28 derajat Celsius.

Selain itu, suasana kolam haruslah tenang dan berwarna keruh dengan sedikit aksen hijau dari lumut dan yang perlu kalian ingat yaitu angan mengisi air terlalu dangkal karena ikan lele bisa mati kepanasan.

Kamu juga boleh menambah eceng gondok untu menyerap racun dan melindungi lele dari paparan sinar matahari secara langsung.

2. Memilih Indukan yang Berkualitas

Memilih indukan yang berkualitas merupakan tips menjalankan bisnis ikan lele rumahan yang menguntungkan berikut nya.

Tips Menjalankan Bisnis Ikan Lele Rumahan Yang Menguntungkan

Hal  yang satu ini harus menjadi perhatian khusus buat kamu, pasal nya sukses atau tidak nya bisnis ikan lele ini akan tergantung pada kualitas indukan yang kamu pilih.

Berikut ini cara mengenali indukan lele yang berkualitas.

Untuk indukan lele jantan yang berkualitas, setidaknya memilki kriteria sebagai berikut ini.

-          Perut ramping

-          Tulang kepala pipih

-          Warnanya gelap

-          Lincah

-          Alat kelaminnya runcing

Sedangkan untuk indukan lele betina yang berkualitas, setidaknya memilki kriteria sebagai berikut ini.

-          Perut lebih besar dari punggung

-          Lambat

-          Kelaminnya bulat

3. Mencari Tahu Lele yang Siap Kawin dan Mengembangbiakannya

Tips menjalankan bisnis ikan lele rumahan yang menguntungkan  berikut nya adalah kalian harus mengenali ikan lele yang siap untuk kawin dan berkembanng biak.

Ciri-ciri lele yang siap kawin bisa dilihat dari warna kelaminnya. Pada ikan lele jantan, warna kelamin nya akan berubah menjadi bewarna merah ketika siap untuk kawin. Sedangkan untuk kelamin lele betina warna kelaminnya akan menguning.

Nah, jika kalian sudah berhasil melakukan perkawanin pada lele, tahap selanjutnya adalah memisahkan benih-benih ikan tersebut kedalam kolam yang terpisah.

4. Memindahkan Benih Lele ke dalam Kolam

Untuk tips menjalankan bisnis ikan lele rumahan yang menguntungkan berikut nya adalah memindahkan benih lele kedalam kolam.

Tips Menjalankan Bisnis Ikan Lele Rumahan Yang Menguntungkan

Perlu kalian ingat bahwa sebelum memisahkan benih-benih dari kolam, terlebih dulu siapkan ember yang diisi dengan air kolam untuk benih tersebut. Kalian tidak boleh memasukkan langsung benih kedalam kolam ya, karena dapat membunuh para bibit lele yang belum beradaptasi seutuhnya.

Kolam untuk benih lele ini juga harus memiliki ketinggan air yang dikurangi 10 hingga 20 cm dari ketinggian air kolam lele biasa.

Setelah itu, simpan ember ke dalam kolam pada pagi atau malam hari dan tunggu hingga 24 jam. Proses ini dilakukan agar benih-benih ikan lele bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

5. Memelihara Lele

Tips menjalankan bisnis ikan lele rumahan yang menguntungkan selanjut nya adalah teknik dalam memelihara ikan lele.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi apakah nantinya bisnis ikan lele kita sukses atau tidak.

Kalian harus rutin memberikan pakan yang berkualitas untuk para ikan lele, seperti pakan sentrat 781-1 misalnya sebanyak 3x sehari pada pukul 7 pagi, 5 sore dan 10 malam.

6. Memisahkan Lele yang Siap Panen

Untuk tips menjalankan bisnis ikan lele rumahan yang menguntungkan yang terakhir adalah memisahkan lele yang siap panen.

Ukuran fisik lele siap panen yang dicari di pasaran adalah sekitar 7 atau 9-12 cm, maka dari itu pastikan lele memiliki ukuran tersebut sebelum dipanen.

Kalian juga dapat mengetahui apakah lele sudah siap panen atau belum dengan timbulnya warna kemerahan pada permukaan kolam.

Setelah semua lele siap panen diangkut, pastikan tidak ada lele dewasa lagi di sana agar kolam tersebut bisa dipakai untuk benih yang baru.

Nah, itulah tips menjalankan bisnis ikan lele rumahan yang menguntungkan. Semoga pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba bisnis ikan lele.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Pemula

Rekomendasi 3 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Ide Bisnis dengan Modal Kecil